• Arsip

  • AKTIVITAS

  • Recent Comments

Pembahasan Draf Nol oleh Tim Perumus RAPERBUP

Sabtu, 2 Mei 2009 pembahasan draf nol oleh tim penyusun daraf PERBUP, sebelum masuk pada pembahasan draf terlebih dahulu dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan sedikit menyampaikan beberapa harapan kedepan terkait dengan IUPHKm dan pedoman PERBUP yang kan dibahas betul sesuai dengan peundang-undangan diatasnya dan dalam menentukan acuan PERBUB disampaikan bahwa dalam menentukan segala bnetuk perizinan perlu sikap kehati-hatian, supaya kedepan betul-betul menjadi acuan dan demi kemajuan pemanfaatan hutan kedepan.
Selesai kata penyampaian dilanjutkan dari Yayasan Samanta memaparkan terkait dengan pengusulan izin dan prosedur pembuatan pedoman verifikasi oleh Pemerintah Daerah dalam hal ini Kabupaten Lombok Timur terkait dengan HKm, selanjutnya dengan dipandu oleh Direktur SAMANTA membahas isi draf nol oleh tim perumus, satu persatu dikaji dari pasal perpasal, ayat perayat sehingga dapat menghasilkan draf PERBUB yang baik dan sesuai dengan kondisi kekinian.
Beberapa masukan dan saran diberikan oleh tim dari Bagian Hukum Setdakab terutama dalam hal penempatan pasal dan ayat masih kurang tepat belum sesuai dengan aturan dalam pemyusunan perundang-undangan, dari Bagian Hukum akan memperbaikinya dan disepakati oleh semua tim. Untuk selanjutnya yang diselesaikan pembahasannya adalah isi atau subtansi dari draf RAPERBUP yang akan disusun oleh tim perumus.
Semua tim perumus penuh dengan kehati-hatian dan pertimbangan yang matan dalam menetukan dan membahas terkait dengan segala ketentuan-ketentuan dalam melakukan verifikasi terkait dengan pengeloaan Sumber Daya Hutan (SDH) terkait dengan pengelolaan hutan dengan pola HKm yang diamanatkan oleh Menteri Kehutanan Republik Indonesi.
Dari pertemuan tim membahas draf nol ahirnya menghasilkan daraf satu setelah pembahsan rumusun yang sangat berhati-hati dalam menentukan isi dari draf PERBUP pedoman verifikasi dan pembentukan tim verifikasi pengajuan IUPHKm oleh masyarakat pengelola hutan di Desa Sapit kecamatan Suela ke Bupati Lombok Timur. Selanjutnya hasil draf satu akan direfisi oleh Bagian Hukum selaku tim perumus untuk disempurnakan sebelum dilakukan konsultasi Publik.

%d bloggers like this: