• Arsip

  • AKTIVITAS

  • Recent Comments

Hutan Lombok Timur Menghawatirkan

Data areal kawasan hutan dt Kabupaten Lombok Timur meliputi: Hutan Lindung seluas 20.841 Ha (41,59%), Hutan Produksi 7.119 Ha (14,21%) dan Hutan Konservasi “Taman Nasional Gunung Rinjani” seluas 22.146 Ha (44,20%). Kawasan hutan ini merupakan asset wisata yang sangat potensial untuk memback up kegiatan dibidang pariwisata.
Permintaan produk hasil hutan dewasa ini sangat tinggi. Permintaan kayu untuk sektor industri dan konstruksi khususnya hampir tidak dapat dipenuhi. Harga yang demikian tinggi membuat banyak pihak menekuni bisnis kayu hingga menimbulkan berbagai permasalahan. Dengan demikian investasi dibidang kegiatan kehutanan menarik perhatian banyak pihak.

Sasaran kebijakan pembangunan kehutanan adalah merehabilitasi lahan kritis, penataan batas hutan dan pengembangan sumber daya hutan dalam fungsinya sebagai pengatur tata.air keseimbangan ekologi/ekosistem lingkungan, sebagai wisata alam serta peningkatan perlindungan terhadap flora/fauna melalui perbaikan habitatnya sesuai keragaman flora dan fauna yang dimiliki.

Sementara itu ketersediaan lahan yang familiar dengan kegiatan pengusahaan pada lahan kering setidaknya didukung oleh data sebagai berikut:

* Tegal kebun seluas 24.520 Ha
* Ladang/huma 4.870 ha
* Padang rumput pengembalaan 1.391 Ha
* Hutan rakyat 4.121 Ha
* Lahan lainnya sekitar 12.717 Ha

%d bloggers like this: